Wednesday, January 19, 2011

Slash Setuju, Axl Rose Vokalis Rock Terbaik Sepanjang Masa

SLASH (foto:theriffrepeater)
ANDA tentu masih ingat Guns N’ Roses (GNR). Ya, mereka adalah grup asal Los Angeles, Amerika Serikat pengusung glam rock yang menjulang namanya di era 1990-an. Lewat debut album mereka, Apetite for Destruction di tahun 1986,  grup yang digawangi Axl Rose (vokal), Slash (gitar), Izzy Stradlin (gitar), Duff McKagan (bass), dan Steven Adler (drum) ini menjadi fenomena saat itu dan memunculkan duet legendaris, Slash dan Axl.

Sayang, kebersamaan mereka tak berlangsung lama. Setelah serangkaian pertikaian dengan Axl, Slash yang memiliki nama asli Saul Hudson, menyatakan mundur dari GNR pada Oktober 1996.

Slash berdalih, Axl terlalu mengekangnya, melarangnya membuat proyek solo. Padahal, menurut Slash, meski memiliki proyek sampingan, dia tetap akan komit untuk GNR. Di sisi lain, Axl menyebut, Slash hengkang lantaran kebelet membuat grup baru yang lebih ngerock.

Setelah itu, kedua terlibat perseteruan panjang. Axl bahkan sempat menyebut, tak ada kemungkinan dirinya bisa kembali bereuni dengan Slash di GNR. Sementara Slash sempat mengajukan tuntutan hokum segala, seputar royaltinya di GNR.

Namun begitu, Slash yang sempat membentuk grup Velvet Revolver dan Slash’s Snakepit, tetap menaruh hormat terhadap Axl. Buktinya, Slash mengaku setuju, saat akhir Desember lalu, Axl dinobatkan sebagai vokalis rock terbaik sepanjang sejarah oleh music radar, lewat sebuah polling.

Menurut Axl, di studio rekaman dan di atas panggung, sulit mencari tandingan Axl.
“Sejak dulu, kami memang memiliki banyak perbedaan. Tapi, di kepala saya, Axl tetaplah frontmen grup terbaik. Dia juga penulis lirik rock yang hebat,” ujar Slash, dalam sebuah wawancara dengan Entertainment Weekly. “Bersama Axl, Guns N’ Roses pernah menjadi grup rock hebat.”

Dinobatkan Axl sendiri termasuk mengejutkan. Pasalnya, dia menyingkirkan vokalis-vokalis rock legendaris, macam Robert Plant (Led Zeppelin), Bruce Dickinson (Iron Maiden), Mick Jagger (Rolling Stones), serta mendiang Kurt Cobain dan Freddie Mercury (Nirvana dan Queen). “Saya telah melihat list yang dirilis music radar. Saya kira Axl memang pantas jadi yang terbaik,” Slash, 45 tahun, menambahkan.

Slash saat masih kompak bersama Axl (foto:musicradar)
Slash sendiri bergabung dengan GNR sekitar tahun 1985. Slash diperkenalkan kepada Axl oleh McKagan. Maklum, Slash dan McKagan, juga Adler sempat membentuk grup Road Crew. Di GNR, Slash masuk menggantikan gitaris sebelumnya, Tracii Guns, yang konon sering datang terlambat saat latihan.

Tracii sendiri, boleh dibilang merupakan pendiri GNR. Sebab, nama Guns N’ Roses, sebenarnya adalah penggabungan dari band dia sebelumnya, LA Guns, dan band terdahulu Axl, Hollywood Rose. Usai dipecat, Tracii kembali membesarkan LA Guns.



Salam Rock \m/

5  Vokalis Rock Terbaik Versi Music Radar
1. Axl Rose (Guns N’ Roses)
2. Freddie Mercury (Queen)
3. Robert Plant (Led Zeppelin)
4. Ronnie James Dio (Rainbow, Black Sabbath)

5. John Lennon (The Beatles)

No comments:

Post a Comment