Wednesday, December 11, 2013

GN’R dan RHCP Masuk Rock N Roll of Fame


INI cerita tentang dua band favorit saya semasa SMA: Guns N’ Roses (GN’R) dan Red Hot Chilli Peppers (RHCP). Tentu saja berita baik yang ingin saya ceritakan. Ya, keduanya baru saja “resmi” menjadi band-band legenda rock n roll lantaran nama mereka telah masuk dalam The Rock and Roll Hall of Fame and Museum yang berlokasi di Lake Erie, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

GN’R dan RHCP dilantik (inducteed) masuk Rock n Roll of Fame perayaan tahunan Rock and Roll Hall of Fame yang ke-27, yang digelar Pulic Hall, Claveland, Sabtu (14/4) lalu. Seperti layaknya proses-proses “pelantikan” terhadulu, keduanya pun didaulat tampil membawakan lagu-lagu hits mereka. Hebatnya, nyaris semua personel asli GN’R tampil di acara ini. Sebut Steven Adler, Mat Sorum (drum), Duff McKagan (bass), dan Slash serta Gilby Clarke (gitar).

Hanya, sang front man, Axl Rose, dan gitaris Izzy Stradlin, yang absen. Sejak awal, Axl itu memang menolak hadir. Dia bahkan mengaku tak suka namanya dimasukkan dalam list Rock N Roll of Fame bersama rekan-rekan seperjuangannya itu.

Alhasil, dalam konser pelantikan itu, posisi Axl digantikan Myles Kennedy, yang juga merupakan vokalis Altar Bridge. Maka melantunlah sejumlah hits GN’R, semodel “Sweet Child O Mine” ataupun “Paradise City”. Berbeda dengan GN’R, RHCP hadir dengan “kekuatan penuh”.

Anthony Kiedis (vocal), Flea (bass), Chad Smith (drum) serta gitaris baru mereka, Josh Klinghoffer, tampil amat menghibur dengan nomor-nomor tenar seperti “By The Way”, “Higher Ground”, ataupun “Give It Away”. Dua eks drummer RHCP, Jack Irons, dan Cliff Martinez juga hadir di acara ini. GN’R “dilantik” oleh vokalis Green Day, Billie Joe Amstrong, yang juga membuka penampilan mereka.

Sedangkan RHCP “dilantik” oleh komedian Chris Rock, yang juga merupakan sahabat dan penggemar berat band asal Los Angeles itu. “Apetite for Desctruction (album pertama GN’R) adalah debut album terbaik dalam sejarah rock n roll,” ujar Billie Joe, induction speech-nya, seperti dikutip mtv.ca. Billie Joe juga membela Axl yang mendapat cemooh dari penggemar GN’R yang hadir. “Stop! Axl Rose ada front man terbaik yang pernah ada,” dia menegaskan.

Sementara Kiedis, dalam sambutannya mendedikasikan penghargaan ini kepada mendiang gitaris Hilel Slovak, salah satu pendiri RCHP yang tewas lantaran overdosis heroin di tahun 1988. “Saat ini, dia pasti tengah tersenyum di alam sana,” ujar Kiedis. GN’R dan RCHP rasanya memang pantas didaulat sebagai legenda. Kiprah mereka selama ini di pelataran musik dunia telah begitu menginspirasi. Karya-karya yang mereka sumbang untuk mewarnai musik dunia bukanlah musik-musik kacangan. Tak heran, musik mereka, lagu mereka, syair mereka, tak lekang dimakan zaman. GN’R memang telah lama dianggap “mati”. Namun, lagu-lagu mereka tetap abadi hingga sekarang. 

Sementara RHCP membuktikan, usia yang terus bertambah justru membuat mereka semakin solid. Penggemar mereka pun kian bertambah dari waktu ke waktu yang menjadikan grup yang terakhir merilis album I’m With You di tahun 2011 itu dikenal oleh lintas generasi. Kini, total, RHCP telah merilis 10 album studio.

Anugerah Rock n roll of Fame ini sendiri memang sengaja diadakan sebagai penghormatan kepada musisi-musisi-utamanya rock n roll-atas sumbangsih mereka terhadap perkembangan musik dunia. Penghargaan ini digelar oleh Yayasan The Rock and Roll Hall of Fame pertama kali pada tahun 1983. 

 Namun, tentu, tak semua musisi rock bisa masuk museum rock n roll ini. Kriteria utamanya adalah sang musisi atau grup sudah malang melintang minimal 25 tahun sejak pertama kali merilis album pertama mereka. Para nomine juga harus mampu menunjukkan bahwa mereka mampu memberikan pengaruh yang signifikan dalam sejarah musik rock.

Saat ini, ada empat kategori yang berhak menerima penghargaan dari Rock n Roll of Fame: performers, early influences, non-performers, dan sidemen. Performers adalah individual atau grup yang merupakan aktor panggung, seperti musisi atau band. Sedangkan non-performers, adalah orang-rang yang berada di balik layar namun berperan besar dalam memajukan musik rock, seperti penulis lagu, produser, atau wartawan. 

Early influences adalah musisi veteran yang dianggap memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan musik rock sekarang. Sementara sidemen adalah penghargaan khusus yang diberikan oleh komite khusus Rock n Roll of Fame Museum, atas jasa-jasa “khusus” mereka.

Teknisnya, komite nominasi akan sosok-sosok sebagai nominasi di setiap tahunnya. Setelah itu, list nama-nama nomime tersebut diserahkan kepada sebuah lembaga khusus yang terdiri dari 500 orang yang dinamakan “rock experts”. Mereka akan melakukan voting, untuk menentukan siap-siapa saja yang berhak “dilantik” masuk Rock n Roll of Fame.

Tahun ini, selain GN’R dan RHCP, juga ada 10 musisi/band lagi yang “dilantik”. Dua di antaranya, Bestie Boys dan mantan band Rod Stewart, The Small Faces/Faces. Sayang Rod Stewart sendiri tak bisa tampil di malam gala, lantaran didera influenza.

“Saya sangat kecewa harus melewatkan acara ini,” ujar rocker yang kini berusia 64 tahun itu. Stewart sendiri, sebelumnya telah mendapat penghargaan serupa sebagai solo artist, pada tahun 1994.

sumber: http://music-mix.ew.com, mtv.ca,nytimes,greenbaypressgazette, wikipedia, youtube

Para Penerima Penghargaan Performers: Guns N’ Roses, Red Hot Chili Peppers, Donovan, Laura Nyro, The Small, Faces/Faces, Beastie Boys, The Crickets, The Famous Flames, The Midnighters, The Comets, The Blue Caps, The Miracles Early Influence: Freddie King Sidemen: Don Kirshner, Cosimo Matassa, Tom Dowd, Glyn Johns


17 April 2012 | 10:32
Kompasiana

1 comment:

  1. lu msh aja pnya foto "instant" ??..si ivan batok mirip bgt ma tmn gw anal ulujami asli ga ngebuang dah syg gw ga da foto nya

    ReplyDelete