Sunday, June 7, 2015

Ngerock di Kopdar 2 Bekasi Trendi

SEMARAK - Biduan/biduanita BENDI turut menyemarakkan panggung
(foto: Edu Krisnadefa)
ADAKAH yang lebih nikmat daripada kumpul bareng kawan-kawan, diiringi dentuman musik rock n’ roll? Buat saya sih, enggak ada..ha, ha, ha.... Dan, hebatnya suasana seperti itu saya dapatkan saat menghadiri Kopi Darat 2 Bekasi Trendi alias Kopdar 2 BENDI 80’90's, Sabtu (6/6).

Di Omah Kebon, Pekayon, Bekasi Selatan, acara keren dengan tema “Wadah Riung Kreativitas Orang-orang Pencinta Suasana Nostagia (WARKOP SUSANA)” itu digelar. Sebuah kesempatan juga bagi saya untuk bertemu langsung teman-teman anggota BENDI lainnya.


Maklum, selama ini saya lebih sering berkomunikasi lewat grup Facebook. Sementara sulit sekali saya mencari waktu untuk ikut dengan para member komunitas keren di Bekasi ini. Padahal, sudah diniatin lho..sumpe..

Mira Sahid saat tampil dalam talk show (foto:Babeh Helmi)
“Salah satu tujuan utama acara ini memang agar member yang belum pernah bertemu langsung bisa lebih saling mengenal,” ujar Yos Mo, wakil ketua panitia yang juga salah satu admin grup Facebook BENDI. “Selebihnya, ya kita maksudkan juga sebagai ajang silaturahhim. Beberapa anggota sudah rutin melakukan kopdar-kopdar kecil-kecilan.”

Sementara Clara Sofie Primartuti, sang ketua panitia, sedikit berfilosofis. “Acara ini berawal dari masa remaja yang sama, bangga sebagai bagian generasi 1980-1990-an dengan ikatan kekeluargaan yang masih kuat, penuh kreativitas, dan tak pernah kehabisan ide,” ujarnya. “Kami ingin menurunkan kebahagiaan masa muda kami dengan mengajak anak anak untuk merasakan rasa itu....rasa solidaritas dan toleransi yang kuat.”

Kopdar kali ini memang spesial. Wajar pula jika panitia benar-benar pol bekerja keras demi suksesnya acara. Dan, menurut saya, kerja keras teman-teman panitia terbayar jika melihat jalannya acara. Setidaknya jika dilihat dari esensi tujuan acara ini digelar.

Member yang datang begitu cair, membaur satu sama lain.  Saya pun jadi berkesempatan bertatap langsung dengan mbak Veronica Sally, Tita Titoet, Kang Ucup, Alam Herlambang, Reza, dan Tria Nindy, yang selama ini lebih sering berbalas komen di Facebook. Kalau sama Yos mah, ogut dah kenal lama ya....

Jojing malam hangatkan suasana (foto: Edu Krisnadefa)
Bonusnya, saya juga bisa ngobrol panjang dengan om Tito Trisetiayoga, vokalis ganteng band FLIM dan teman-teman dari Bekasi Rock Society. Kami memang janjian bertemu di Kopdar 2 BENDI ini, saat bertemu doi bersama bandnya manggung di acara SAFE 2015 di Plaza Barat GBK Senayan, sehari sebelumnya. FYI, band om Tito, FLIM, spesialis membawakan lagu-lagu Iron Maiden. Keren!

Kehadiran kawan-kawan dari komunitas Rock Hits, grup turunan dari Brur & Zus, juga ikut meramaikan acara. Pasukan "kuda lumping" yang terdiri dari Ardian Shining Wave, Denny Harsono, Dwi Agri, Muhammad Taufik, Deqi Rock, Zamzami, Cnoe Herlambang, Wiedherry Nugroho, Sisie Yura, Herlina SB (yang langsung datang dari Bandung) dan Nenny Mike bahkan malah heboh sendiri.. ha,ha, ha...

Pemilihan lokasi acara di Omah Kebon juga menurut saya sangat tepat. Ini tempat keren betul. Eksotis,bahkan. Dengan luas sekitar 2 hektar, area yang dikelilingi rerimbunan pohon, memberikan aura nyaman, sejuk, sesejuk persahabatan para anggota BENDI.

Pasukan Rock Hits ikut gabung (foto: Edu Krisnadefa)
.Kopdar 2 ini sendiri digelar nyaris seharian penuh. Mulai pukul 08.00 WIB dan berakhir tepat pukul 22.00 WIB. On time bro!

Berbagai agenda acara yang digelar juga bukan biasa-biasa saja. Banyak sekali pesan-pesan dan tindakan nyata positif mewarnai kopdar ini. Sejak pagi, “pesta” dimulai dengan berbagai kegiatan untuk anak  dan game untuk keluarga, karena kopdar ini dimaksudkan juga sebagai family gathering. Ada juga kegiatan berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim piatu di sekitar. Lalu, ada juga bazaar dan pembagian bibit pohon.

Tak lupa, di sela-sela acara disisipkan talk show inspiratif dengan narasumber blogger kawakan, Mira Sahid. Kalau yang ini mah sohibnya nyonya ane Winda Krisnadefa hehehehee...Tema yang diangkat Mira, “Kiat Memaksimalkan Potensi Media Sosial”. Inspiratif kan?

Shining Wave and the Gank (foto: Edu Krisnadefa)
Makin Panas
Menjelang sore, acara makin panas, seiring dipanggilnya band Shining Wave and the Gank yang dikomandani sang gitaris, Ardian, ke panggung. Lagu-lagu macam “Shine” (Collective Soul), “Saturday Night” (Bon Jovi), “I Live Mylife For You” (Fire House), “Time Alone With You” (Bad English), serta “Forever One” (Helloween) pun digeber dan membuat Bendina-Bendino bernostalgia ke tahun 1990-an. Pas dong dengan tema acaranya, WARKOP SUSANA. 

Total 11 lagu mereka mainkan, termasuk sumbangan lagu dari ikon pasukan kuda lumping, Muhammad Taufik, menyanyikan lagu Bento, yang membuat panggung nyaris rubuh hehehehe..
O iya, panggung juga sempat diramaikan oleh beberapa biduan/biduanita BENDI yang turut sumbang suara. Sebut saja Clara, Yos, Tita Titoet, Hayu Heranari, serta Andi Bertanya. Hayu menyanyikan lagu “Zombie” dari The Cranberries. Sementara Clara dan Yos/Andi/Tita menyanyikan “I Believe in You”(Stryper) dan “Terlalu Manis” (Slank). Gak nyangka ya, mereka punya suara emas.

Usai The Shining Wave turun panggung, acara break untuk salat Magrib. Namun, acara panas lagi, begitu kembali dibuka dengan penampilan Big X, yang membawakan lagu-lagu Mr. Big. Wuiih cadas ini grup.

BIG X tampil keren membawakan lagu-lagu Mr. Big (foto: Edu Krisnadefa)
Dengan formasi Adhi Buzs (bass), Iwan (gitar), Obhe (drum) dan Fikri (vokal), hits-hits keren dari Mr. Big pun digeber. Lagu pembukanya aja “Daddy, Brother, Lover, Little Boy”! Syeedaafff....
Nostalgia lagi dong ke tahun 1990-an. Kebetulan semasa SMA, Mr. Big adalah salah grup idola saya. Maka larutlah, bukan cuma saya, tapi semua pengunjung kopdar, menikmati penampilan keren Big X.

Apalagi saat lagu-lagu seperti “Wild World”, “To Be With You” serta “Nothing But Love” keluar dari kerongkongan Fikri. Makin meriah suasana. Satu lagu kenceng lainnya “Addicted to Rush,” yang memperlihatkan kematangan skill Adhi, Iwan, dan Obhe semakin mengentalkan nuansa rock kopdar ini.

BILLY tampil memikat (foto: Edu Krisnadefa)
Usai Big X, tampil seorang penyanyi remaja yang tengah naik daun. Billy namanya. Doi bukan penyanyi sembarangan. Bersama sang mama, Mama Andar, yang juga anggota BENDI, Billy sempat menyabet perdikat Juara Ketiga ajang pencarian bakat penyanyi “Mama Mia” yang digelar stasiun televisi Indosiar.

Lantunan suara dara cantik bernama lengkap Nabylla Wardana ini begitu merdu. Tak heran Bendina-Bendino sampai terlena begitu lagu-lagu penuh kenangan, macam “La Bamba” (Ritchie Valens), “Bimbi” (The Rollies), Dia (Vina Panduwinata), “Saving All My Love” (Whitney Houston), “To Love Somebody” (Bee Gees), serta “Tua-tua Keladi” (Anggun C.Sasmi) dipersembahkan gadis yang oleh penyanyi senior Vina Panduwinata ini disebut sejajar dengan Mulan Jameela itu. Nostalgia lagi....




Rudi on Stage
Rentetan nostalgia pun seolah tak berhenti, karena usai Billy, tampillah Rudi Karamoy, vokalis U’Camp, band yang pernah menjulang di tahun 1990-an. Penampilan Kang Rudi, yang datang langsung dari Bandung, benar-benar tak mengecewakan karena kualitas vokalnya nyaris tak berubah.

Kang Rudi membuka penampilannya dengan lagu milik Queen, “Crazy Little Thing Called Love”, dengan iringan Adhi Buzs dan kawan-kawan. Doi juga membawakan dua lagu Rolling Stones, “Hongky Tonk Woman” dan “Dead Flowers”. Dua lagu Bon Jovi juga disikat pria ganteng ini, “Thank You For Loving Me”, dan “It’s My Life”, serta lagu God Bless, “Rumah Kita”.

RUDI  U'CAMP (foto: Edu Krisnadefa)
Lagu-lagu Bon Jovi memang “makanan” Kang Rudi, maka itu, keren betul dia membawakannya. Namun, yang membuat merinding adalah saat dia membawakan lagu “Bayangan”, hits yang membawa U’Camp menjulang pada masanya. Lagu ini dirilis pada tahun 1992, masuk dalam album dengan judul sama, yang merupakan album kedua mereka. Ahhh...kang Rudi.....

Selesai? Belum..karena masih ada performance keren dari DJ Kar Dee sebagai penutup acara. Lagu-lagu disco hits 1980-an, seperti Gucci You're Through (Pretty Girls), Electric Youth (Debbie Gibson), atau Silent Morning (Noel) yang menggema dari turn table-nya pun mampu membuat goyang para panitia. Hitung-hitung pelepas penat ya. Jadi inget Happy Day, Lipstick ya.... ha, ha, ha....

Secara keseluruhan, menurut ogut, sebagai pengamat, hehehe... Acara kopdar ini berlangsung sukses, lancar, dan penuh kesan. Tak heran, jika Clara pun begitu semringah saat mengumumkan acara resmi ditutup pukul sepuluh malam teng.

DJ KAR DEE is in the house (foto: Edu Krisnadefa)
Tapi, tentu, sukses acara kemarin, bukan cuma milik Clara. Sebab, di balik seorang Clara, di belakang Yos Mo, ada orang-orang keren, super kreatif dan mau bekerja keras untuk mewujudkan satu tujuan bersama. Salut buat ente-ente semua para panitia.


Dan, inilah kata-kata kebanggaan dari sang ketua panitia yang keluar dari lubuk hatinya yang paling dalam, “Terima kasih untuk semua teman-teman yang telah hadir dan mensupport serta mensukseskan KOPDAR 2 BENDI. Semoga kebersamaan ini akan selalu ada...hingga anak cucu kita...Aamiin...”*

Bekasi, 8 Juni 2015
03.06 WIB



Senyum puas panitia, acaranya "pecah" (foto: Edu Krisnadefa)

Pasukan "Kuda Lumping" foto bareng Bendiers
(foto: Edu Krisnadefa)

Cnoe Herlambang (foto: Edu Krisnadefa)

Deqi Rock (foto: Edu Krisnadefa)

Ardian (foto: Edu Krisnadefa)

Clara with pasukan Rock Hitters (foto: Edu Krisnadefa)

Fikri dan Adhi (foto: Edu Krisnadefa)

Sapto, Clara, Rudi U'Camp (foto: Edu Krisnadefa)

Akhirnya bisa narsis juga bareng
om Yos Mo and Babeh Helmi hehehehe
 (foto: istimewa)


13 comments:

  1. Terima Kasih buat oom Edu Krisnadefa sudah membuat liputan tentang Kopdar Akbar 2 Bekasi Trendi. Ciamik banget artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama. kehormatan tersendiri bagi saya bisa menuliskan acara keren kemain...sukses selalu buat BENDI

      Delete
  2. wedeww...keren banget dach postingan ini. sepanjang sore sampai malam kuping kita memang dimanjakan oleh musik-musik trendi 80-90an. Bediwei, kenapa Oom Edu enggak ikuta naik pentas sumbang satu-dua lagu? hehehe
    fotomu bareng kang Rudi U'camp kenapa juga kagak dipajang disokin? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahaah bisa aja om Yos....isin aku mas hahahaha..isin juga masang foto bareng Rudi hahahahha

      Delete
  3. Alhamdulillah bisa dapet kesempatan untuk support kopdar 2 bendi dan bertemu pribadi2 yang baik dan menyenangkan.

    Pokoknya salut buat bendi dan still alive n kickin

    ReplyDelete
    Replies
    1. siappppp keren banget penampilan Big X kemaren....sukses selalu buat Big X

      Delete
  4. Alhamdulillah bisa dapet kesempatan untuk support kopdar 2 bendi dan bertemu pribadi2 yang baik dan menyenangkan.

    Pokoknya salut buat bendi dan still alive n kickin

    ReplyDelete
  5. ahh..ohhhh...ehh, keren om liputannya, terharu bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheehe bisa aja kang Alam...makasih udah baca yaaaa

      Delete
  6. Salute & Respect for this Great Event !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi broo sukses buat ente dan Shing Wave yaaaa

      Delete
  7. Billy, memikat banget... hehehe. Nice event...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju broo Adi..cantik, talented hehehhe acara juga keren bangettt

      Delete