Saturday, June 20, 2015

Duff McKagan, Rocker yang Gemar Menulis

DUFF McKAGAN (foto: rev967)
INI cerita tentang pemain bass idola saya, Duff McKagan. Ya, sosok yang pernah melambung bersama Guns N' Roses (GN'R) dan kemudian membentuk band Velvet Revoler serta Loaded, di mana dia juga kerap bermain gitar, ini memang figur istimewa di mata saya. 
 
Kini, kekaguman saya semakin bertambah, lantaran pemilik nama lengkap Michael Andrew McKagan ini ternyata juga gemar menulis. Ya, tidak disangka, sudah tiga tahun belakangan, McKagan menjadi kolumnis di tiga media online terkemuka: SeattleWeekly.com, Playboy.com, dan ESPN.com.
 
Dia menulis apa saja. Tentang olahraga di ESPN.com , soal kemanusiaan, sosial, dan tentu saja soal musik di SeattleWeekly.com dan Playboy.com. "Di era 1980-an, 1990-an, hingga akhir tahun 2000, orang mungkin hanya mengenal saya sebagai biang kerok. Tapi, tak banyak yang tahu, bahwa sejak dulu, saya sebenarnya kutu buku,"ujar McKagan,  seperti dikutip publisherweekly

"Menulis adalah sesuatu yang menyenangkan bagi saya. Sesuatu yang selalu saya inginkan."
Tak heran, jika McKagan akhirnya pun sukses membuat autobiografi yang baru dirilis Oktober lalu. Mungkin memang tak terlalu istimewa lantaran  Slash dan Axl Rose, dua eks rekannya di GN'R juga sudah terlebih dahulu menerbitkan biografi. Namun, autobiografi milik McKagan, yang berjudul "It's So Easy (And Other Lies)" jelas berbeda. 

Jika "W.A.R. The Unauthorized Biography of William Axl Rose" yang diterbitkan tahun 2007 biografi milik Axl dan "Slash" (2007) milik Slash ditulis oleh wartawan musik Mike Wall dan Anthony Bozza, McKagan menulis sendiri cerita-cerita yang dialami sepanjang kariernya bermusiknya, terutama saat bersma GN'R. 

Ya, McKagan memang mengetik sendiri autobiografi yang dijual seharga 29,9 dolar AS atau sekitar Rp 275 ribu itu. Kata per kata dia rangkai setelah melalui pengendapan pengalaman-pengalamannya. Tak heran, banyak yang menyebut autobiografi McKagan ini jauh lebih hidup, menyentuh, dan orsinil. Termasuk saat dia menceritakan soal ketergantungannya terhadap alkohol. 

Keranjingan Alkohol
Dari dulu, McKagan memang dikenal keranjingan alkohol. Bahkan, die ra kejayaan GN'R di tahun 1990-an, konon, dia bisa menghabiskan setengah galon vodka per harinya! Behenti menenggak vodka, dia beralih ke red wine. Hanya, kadarnya tetap saja gila, 10 botol per hari!

Selain alkohol, McKagan juga bercerita tentang pengalaman-pengalamannya seputar ketergantungannya terhadap obat-obat terlarang dan kehidupan bebas, gaya hidup hedonis. McKagan tentu juga bercerita tentang friksi-friksi yang terjadi di tubuh GN'R, termasuk pertikaiannya dengan Axl. 

"Seks, drugs, dan rock n roll mungkin menarik di atas kertas. Tapi, dalam kasus saya, seks, drugs, dan rock n roll, sama dengan serangan panik (panic attacks)," ujar McKagan, yang kini dikaruniai dua putri: Grace dan Mae Marie, hasil pernikahannya dengan model Susan Holmes. "Cukup lama saya berusaha bebas dari itu semua." 

Hebat, McKagan seorang rock star yang sebelumnya lebih akrab dengan dunia gemerlap, kesan urakan, kini menyandang profesi yang mengedepankan intelektualitas, penulis. Ya, bukankah penulis, writer, author adalah profesi yang intelek? Noble kata orang bule. 

Saya sendiri gandrung terhadap McKagan sejak kelas satu SMA, tentu setelah sebelumnya mengenal GN'R terlebih dahulu. Entahlah, dari dulu, dibanding personel lainnya, seperti Axl (vokal), Slash dan Izzy Stradlin (gitar), Steven Adler (drum), atau personel-personel yang bergabung belakangan, seperti Gilby Clarke (gitar), Matt Sorum (drum), ataupun Dizzy Reed (kibor), saya melihat McKagan yang paling keren, mungkin karena ketika itu saya bermain bass. 

Soal skill, McKagan memang tak segahar Billy Sheehan (Mr Big) Steve Harris (Iron Maiden), ataupun Geedy Lee (Rush) yang juga merupakan bassist-bassist favorit saya.
Di panggung, gayanya juga tak segila Flea (Red Hot Chilli Peppers) ataupun Michael Anthony (eks Van Halen). Tapi, justru di situ kelebihan McKagan. Di panggung, gayanya, amat cool tak banyak tingkah. 

Rocker Asli
Namun, dengan atribut yang dia kenakan, sudah menunjukkan bahwa sosok yang kini berusia 47 tahun itu adalah rocker asli, rock star sejati. Dengan celana latex hitam, plus kaos buntung, atau jaket jins belel, McKagan terlihat begitu cool. sekilas rada-rada mirip punkers. Wajar, lantaran McKagan memang punya akar punk yang kuat. 

McKagan juga kerap bertelanjang dada di panggung yang membuat fan wanita GN'R selalu histeris, dibuatnya. Gaya permainan bass McKagan juga tidak pernah njelimet. Sederhana, namun harmonis, mengisi ruh lagu-lagu GN'R. Jarang sekali, McKagan membuat isian-isian rumit di lagu-lagu GN'R. Ini bukti betapa McKagan bukan bassist yang egois ,yang selalu ingin menonjol. 

Duff bersama Slash, Axl Rose, S Adler, dan Izzy S formasi klasik GNR (foto: allmusic)
Baginya, yang utama adalah musik GN'R itu sendiri. McKagan yang juga mendalami kick boxing ini, sendiri mengenal musik sejak usia belasan. Bahkan, pada usia 15 tahun di tahun 1979, dia telah membentuk sebuah band punk bernama The Veins dan sempat merilis beberapa single di tahun 1980-an. Setelah itu, tak kurang dari 30 band dia jajaki, sebelum akhirnya direkrut Axl masuk GN'R pada tahun 1985. 

Dasar setia kawan, bergabung dengan GN'R, McKagan mengajak dua teman seperjuangannya: Slash dan Adler. Rupanya, bersama GN'R inilah karier bermusik McKagan menjulang. Debut album GN'R, Appetite for Destruction, di tahun 1987, mendulang sukses besar.

 Album yang berisi hits-hits model "Welcome to The Jungle", "Sweet Child O Mine", "My Michele" ataupun "Paradise City", ketika itu konon terjual mencapai 28 juta kopi, 18 juta di antaranya di Amerika Serikat. Lewat album inipulah, McKagan bersama GN'R mulai didaulat sebagai salah satu ikon glam rock atau hair metal. 

Sedangkan album Apetite for Destruction ini, hingga kini merupakan album wajib bagi penggemar GN'R. Saya ingat betul, dulu, betapa bangganya, kami, band-band SMA jika bisa membawakan lagu-lagu GN'R di ajang pensi. 

Setelah itu, nama GN'R makin berkibar dengan album kedua, GN'R Lies di tahun 1988. Di susul double album, Use Your Ilussion I & II pada tahun 1991. Serta Spaghetti Incident yang bermaterikan lagu-lagu daur ulang, pada tahun 1993. Di GN'R, McKagan tak hanya bermain bass. 

Dia juga menjadi backing vokal, dan ikut menulis beberapa lagu, meski tak semasif Axl. Sebut saja lagu "Attitude", "Raw Power", dan "New Rose" di album Spaghetti Incident. Sayang, sejalan dengan waktu, perselisihan di antara personel dan pihak luar ikut mewarnai perjalanan musik GN'R. 

McKagan pun akhir memilih mundur pada tahun 1997. McKagan menjadi personel asli terakhir yang hengkang, setelah sebelumnya Alder, Stradlin dan Slash melakukannya pada tahun 1990, 1991, dan 1996. 

Solo Karier
Berhenti dari GN'R bukan berarti mati. McKagan kemudian pulang kampung Seatlle dan mencoba kembali bersolo album, seperti yang dia lakukan pada tahun 1993 saat merilis Believe in Me.
 
Sayang, album Beatiful Disease bermasalah, sehingga tak jadi diedarkan. Setelah sempat berkolabroasi dengan bermacam musisi, McKagan lalu membentuk band Loaded di tahun 1999 dan sempat merilis album Dark Days di tahun 2001. Dan, ketika Loaded vakum, McKagan membentuk Velvet Revorler bersama dua eks GN'R lainnya: Slash dan Sorum. 

DUFF McKAGAN (foto: cupegraf)
Bersama Velvet Revolver inilah nama McKagan kembali menjulang. Album mereka, Contraband (2004) dan Libertad (2007) mendapat respons bagus di pasar music rock. Walau, tentu, mereka tak lagu memainkan glam rock, melainkan cenderung lebih keras. Lagu-lagu mereka, seperti "Fall to Pieces", "Slither" dan "Set Me Free" sempat menjadi hits. Begitu juga dengan "Get Out the Door". 

Lagu "Slither" bahkan sempat memenangkang Grammy Award pada tahun 2005 lewat kategori Best Hard Work Performance. April lalu, McKagan sendiri telah merilis album terbaru Loaded yang bertitel The Taking. Ini merupakan album  ketika Loaded, setelah Dark Days dan Sick di tahun 2001 dan 2009. Yeahhh... keep on rockin', keep on writin' dude!
 
sumber: wikipedia, publisherweekly, montrealgazette, metalunderground, antimusic, popmatter, loudwier, youtube
Tulisan ini pernah dimuat di Kompasiana 29 November 2011
Diskografi McKagan Bersama Guns N' Roses
  • Appetite for Destruction (1987)
  • G N' R Lies (1988)
  • Use Your Illusion I (1991)
  • Use Your Illusion II (1991)
  • The Spaghetti Incident? (1993)
Bersama The Fartz You, We See You Crawling (1990) Solo
  • Believe in Me (1993)
  • Beautiful Disease (1999; unreleased)
Bersama  Loaded
  • Dark Days (2001)
  • Sick (2009)
  • The Taking (2011)
Bersama Velvet Revolver
  • Contraband (2004)
  • Libertad (2007)

No comments:

Post a Comment