Friday, August 12, 2011

In Memoriam: Jani Lane, Sang Rocker Flamboyan

JANI LANE ( foto: metalshockfinland)
MUSIK rock kembali berduka. Salah satu jagoan glam metal, Jani Lane, ditemukan tewas di sebuah hotel di kawasan Woodland Hills, Los Angeles, Amerika Serikat, Kamis (11/8). Jani meninggal di usia 47 tahun. Menurut berita tersebut, hingga saat ini masih diselidiki penyebab kematian vokalis sekaligus pentolan grup Warrant ini.

Warrant, ya Warrant. Band ini, dengan Jani tentunya, pernah begitu melekat di hati dan kepala saya. Maklum, masa-masa berjayanya grup yang awalnya juga digawangi Joey Allen (gitar), Erik Turner (gitar), Jerry Dixon (bass), dan Steven Sweet (drum) ini sama persis dengan masa-masa indah saya di SMA.

Sulit disangkal, melejitnya Warrant ketika itu berkat andil Lane. Dengan gayanya yang flamboyan, vokalnya yang melengking manis, Jani berhasil menempatkan Warrant sejajar dengan grup hair metal lainnya ketika itu. Semodel Skid Row, Bon Jovi, Winger, Cinderrella, Poison, dan lainnya. Dan, yang paling penting, nyaris semua lagu Warrant, terutama hits-hits mereka adalah karya pria kelahiran Ohio, Amerika Serikat, 1 Februari 1964 ini.

Lewat gaya dan vokal Jani, lagu-lagu balada Warrant, model “Sometimes She Cries”, “Heaven”, “Blind Faith”, ataupun “I Saw Red”, sukses merajai tangga-tangga lagu rock dunia. Sementara lagu-lagu yang mengentak, layaknya “Cherry Pie”,  “Uncle Tom’s Cabin”, ataupun “Bed of Roses”, kerap jadi lagu wajib di setiap gelaran pensi di SMA-SMA. Bersama band SMA, saya juga pernah membawakan lagu “Sometime She Cries”, yang membuat vokalis kami mendapat bunga dari cewek yang ditaksirnya.

Ya, Jani memang pernah membuat Warrant melejit setinggi langit. Gayanya, yang flamboyan itu juga selalu membuat para groupies  tergila-gila. Dulu, di dinding kamar saya, poster Warrant salah satu yang terbanyak, selain Guns N Roses, dan Iron Maiden.

Nama Warrant sendiri langsung menjulang saat merilis album perdana,Dirty Rotten Filthy Stinking Rich, pada tahun 1989. Dari album ini, lagu  “Sometime She Cries” dan “Heaven”langsung mendulang perhatian luas. Lagu “Heaven“, bahkan sempat menduduki puncak tangga lagu Rolling Stone, nomor dua Billboard Hot 100, dan nomor tiga Mainstream Rock Tracks chart

Warrant makin berkibar usai merilis album kedua, Cherry Pie pada tahun 1990, yang melambungkan lagu “Cherry Pie” sendiri, “I Saw Red”, serta “Bilnd Faith”. Di album ini, lagu “Uncle Tom’S Cabin” dan “Bed of Roses” juga sempat merajai tangga-tangga lagu dunia.

Sayang, seperti band-band glam rock lainnya, pamor Warrant berangsur pudar, usai Nirvana menggebrak dengan grunge-nya.Kemudian muncul Pearl Jam dengan Seattle Sound-nya. Lalu ada Soundgarden, Jane’s Addiction, Rage Against The Machine, Off Spring,  begitu seterusnya, yang membuat nama Warrant makin tenggelam.

Namun, mereka tak pernah berhenti berkarier. Bahkan, bulan Mei lalu, mereka baru merilis album Rockaholic. Namun, Jani sendiri telah hengkang pada tahun 2004. Setelah sempat mengeluarkan album solo Back Down to One, pada 2002.

Jani kemudian membentuk grup bernama Saints of the Underground dan merilis album Love the Sin, Hate the Sinner pada tahun 2008. Sebelumnya, dia juga sempat berkolaborasi dengan beberapa musisi, salah satunya Dave Navarro, mantan gitaris Red Hot Chilli Peppers dan pentolan Jane’s Addiction.

Sayang, setelah itu, tak diketahui lagi kiprah Jani. Dia hidup bersama dengan dua anaknya, hasil pernikahan dengan Bobbie Brown, yang tak lain tak bukan merupakan model klip Warrant di lagu “Cherry Pie”. Belakangan, Jani juga sempat dikabarkan menderita ketergantungan alkolhol, dan sempat keluar masuk pusat rehabilitasi.

Namun begitu, kematiannya toh tetap mengagetkan. Ucapan bela sungkawa pun datang dari kolega-kolega musiknya. Tak kurang dari eks gitaris GNR, Slash, Bret Michaels (Poison), Nikki Sixx (Motley Crue) mengaku merasa kehilangan dengan meninggalnya Jani.

Sebastian Bach, eks vokalis Skid Row di Twitter-nya menyebut, kematian Jani sebagai sebuah hal yang tragis. Sementara rocker gaek, Alice Cooper, di Facebook fanpage-nya menulis, “Doa kami semua untuk saudaraku, Jani Lane.”

Rest In Peace Jani Lane.


sumber: dailymail, mne, ontheredcarpe, wikipedia, youtube
Diskografi Jani Lane
Bersama Warrant
1989 Dirty Rotten Filthy Stinking Rich
1990 Cherry Pie
1992 Dog Eat Dog
1995 Ultraphobic
1996 Belly to Belly
1997 Warrant Live 86-97
1999 Greatest & Latest (New versions)
2001 Under the Influence
Solo
2002 Back Down to One
Bersama Saints of the Underground
2008 Love the Sin, Hate the Sinner


2 comments: