Friday, June 10, 2011

Gwen Stefani Tak Akan Lagi Rilis Album Solo


GWEN STEFANI (foto: gossipmagazine)
ENOUGH is enough. Gwen Stefani pun memutuskan tak akan lagi mengeluarkan album solo. Ya, dua album sepertinya cukup bagi penyanyi kelahiran Kalifornia, Amerika Serikat ini untuk mengaktualisasi diri sebagai penyanyi solo. 

Kini,  dia fokus mencurahkan pikiran dan kemampuannya untuk grupnya, No Doubt. "Ada saatnya kita berhenti melakukan sesuatu. Dan, sekarang adalah waktu yang tepat bagi saya saya berhenti (bersolo karier)," ujar penyanyi cantik berusia 41 tahun, seperti dikutip Entertainment Weekly, Rabu (8/6) . "Bahkan, saya sudah merasa terlalu lama berkarier sebagai penyanyi solo." 
Seperti diketahui, dua album solo Gwen: Love. Angel. Music. Baby (L.A.M.B) dan The Sweet Escape yang dirilis pada 2004 dan 2006,  sempat meledak di pasaran, dengan angka penjualan mencapai 20 juta kopi, hingga saat ini. Dia juga sempat melahirkan monster hits semodel "Hollaback Gir", "Rich Gir"l, "Wind It Up", dan "The Sweet Escape"
Tapi, Gwen telah memutuskan. Mulai sekarang, dia tak akan lagi mengeluarkan album selain bersama No Doubt, yang kembali bereuni sejak tahun 2008 silam. Saat ini, mereka juga dikabarkan tengah menggarap album baru yang rencananya dirilis tahun ini. Padahal, Gwen menoreh sukses luar biasa di dua album solonya itu. 
Album L.A.M.B bahkan sampai terjual tak kurang dari 7 juta kopi! Album ini juga mendapat tujuh platinum. Lewat album ini Gwen juga sempat dua kali masuk nominasi Grammy Award di tahun 2005 dan 2006 sebagai Best Female Pop Vocal Performance. 
Enam single di album ini: "What You Waiting For?", "Rich Girl", "Hollaback Girl", "Cool", "Luxurious", dan "Crash" berhasil menempati posisi teratas di berbagai tangga lagu internasional. Bahkan, lagu "What You Waiting For?" yang ditulisnya bareng komposer Linda Perry, sempat beberapa kali didaur ulang penyanyi lain. Lagu ini juga dijadikan theme song game Just Dance 3. 
Album ini juga melambungkan Harajuku Girls, empat gadis muda Jepang yang berperan sebagai penari latar Gwen. "Harajuku Girls", yang juga merupakan judul lagu ketujuh di album L.A.M.B, sempat mewabah di mana-mana. 
Gwen pun jadi idola baru di Jepang. Begitu juga album The Sweet Escape dengan hits andalan "Wind It Up" dan "The Sweet Escape". Album yang dikeluarkan Interscope Records ini bahkan sempat membawa Gwen menggelar tur keliling Amerika Utara, Amerika Tengah, Eropa, hingga Asia. 
Tapi, Gwen tampaknya sudah bulat akan keputusannya. Dia mengaku tak ingin proyek solonya mengganggu konsentrasinya dengan No Doubt. Apalagi, di luar itu, dia juga masih disibukkan dengan statusnya sebagai seorang ibu bagi  Kingston dan Zuma, buah perkawinannya dengan Gavin Rossdale, mantan vokalis Bush, band rock alternatif asal London. 
NO DOUBT - Ted , Gwen, Adrian , dan Tony (foto: Billboard)
Karier Gwen sejak awal memang seperti tak bisa dipisahkan dengan No Doubt. Sebab, lewat band yang juga digawangi Tony Kanal (bass), Ted Dumont (gitar) dan Adrian Young (drum) inilah nama Gwen yang bergabung sejak usia 17 tahun, menjulang. Tepatnya lewat album ketiga mereka, Tragic Kingdom yang dirilis tahun 1995. 
Lewat single ketiga, "Don't Speak", nama grup yang didirikan pada tahun 1986 ini langsung menjulang setingi langit. Lagu yang konon bercerita tentang putusnya hubungan asmara Gwen dengan Tony Kanal ini bahkan dimasukkan oleh majalah musik Blender sebagai salah satu dari "500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa". 
Sejak itu, nama No Doubt makin diperhitungkan orang. Lewat kombinasi musik pop, rock, dan ska, mereka terus menuai sukses di album-album selanjutnya. Seperti Retur of Saturn (2000) dan Rock Steady (2001), sebelum band ini vakum sejak 2004. 
Ketika itu, nyaris semua personel sibuk dengan proyek solo mereka. Selain Gwen, Dumont juga membuat proyek serupa. Sedangkan Kanal, sempat melakukan kolaborasi dengan penyanyi cewek senasional Pink. Kini, seperti dituturkan Gwen, No Doubt siap bangkit dan kembali menggegerkan musik dunia. "Kami sudah mengumpulkan materi. Tunggu saja tanggal mainnya," ujar Gwen. 
Sumber: Wikipedia, contactmusic, Entertainment Weekly, zimbio
Diskografi Gwen Bersama No Doubt
  • No Doubt (1992)
  • The Beacon Street Collection (1995)
  • Tragic Kingdom (1995)
  • Return of Saturn (2000)
  • Rock Steady (2001)
Solo
  • Love. Angel. Music. Baby. (2004)
  • The Sweet Escape (2006)
"Don't Speak", Gwen Stefani bersama No Doubt


No comments:

Post a Comment